Monday 1 October 2012

Pengalaman terkena Penyakit TB kelenjar dan Berapa Lama Pengobatannya hingga Sembuh?

Mengenal gejala dan tanda-tanda TB kelenjar sejak awal. Benjolan di leher yang ukurannya kecil dan banyak, anda harus hati-hati dan sebaiknya di biopsi di dokter bedah.
Sebuah pengalaman hidup yang mungkin tidak bisa terlupakan ketika suatu saat dia mendengar diagnosa dokter bahwa anda terkena TB kelenjar, tidak perlu takut namun juga tidak perlu sedih. Jangan khawatir karena penyakit ini masih bisa sembuh. Dari mana perjalanan ceritanya mari kita bahas disini.
Pernah suatu saat saya bekerja di luar pulau jawa dengan kondisi masyarakat yang kurang bersih, pada beberapa saat saya mengalami gejala awal yang mungkin merupakan gejala dari TB kelenjar, Panas saat sore hari, saat maghrib, badan mengigil. dan sebelumnya disertai batuk hingga muntah, bukan muntah darah melainkan hanya muntah makanan. Ini hanya gejala awal. 
benjolan di leher,
 hati-hati tanda TB kelenjar
Hingga suatu saat saya memutuskan pulang karena saya mendapatkan pekerjaan di pulau jawa. Tubuh saya tidak bisa gemuk padahal makan cukup dan teratur, dan akhirnya tanda dan gejala yang paling kelihatan dari seseorang yang terkena tb kelenjar adalah benjolan pada leher, benjolan tersebut bukan cuma satu, melainkan ada banyak dan ada yang kecil dan ada yang besar. Jika anda pegangpun tidak terasa sakit, hingga saya putuskan untuk saya bawa ke dokter bedah untuk dilakukan biopsi jaringan benjolan tersebut.

Biaya biopsi jaringan di dokter bedah antara kisaran 1,5 jutaan, dan sudah termasuk biaya lab, dan 4 harinya hasil keluar dan saya divonis positif TB kelenjar, akhirnya mau tidak mau saya menjalani pengobatan rutin 6 bulan dengan obat anti TB seperti Rifampicyn, dan 2 obat lain yang saya lupa, bentuk obatnya besar dan berwarna merah. 
Alhamdulillah 6 bulan saya tiak pernah bolong dalam minum obat, dan benjolan di leher tersebut hilang setelah 4 bulan pengobatan. Hingga 6 bulan sudah tuntas semuanya. Alhamdulillah dan saya bersyukur  bisa sembuh dari penyakit ini.  Sedikit sharing buat anda yang mungkin juga mengalami kasus seperti saya, sebaiknya jangan menunggu lama, langsung periksakan agar kejadiannya tidak semakin parah dan fatal.
Sumber : Pengalaman asli dari pengakuan seorang pasien TB kelenjar

8 comments:

  1. apa tb kelenjar anda disertai dengan adanya cairan di paru-paru?
    dan setelah meminum obat selama 6 Bulan apakah perlu pengobatan lanjutan?
    karena saya dengar pengobatan untuk TB kelenjar adalah 9-10 bulan, jadi berarti bahwa harus minum obat selama 9-10 bulan

    ReplyDelete
  2. Kenali TB dan ambil langkah tuk sembuhkan, Indonesia Bebas TB... Yes...

    ReplyDelete
  3. sis ada efek samping biopsi gak? soalnya saya baca review2 biopsi malah bs bahaya, yg tadinya hanya pembengkakan kelenjar aja bs jd bahaya. mohon info :) makasih

    ReplyDelete
  4. Terimakasih, sangat membantu sharingnya
    Ooo baru setelah bulan ke-4 benjolannya hilang ya Pak?
    Karena terus terang untuk rutin minum obat selama 6 bulan, dibutuhkan usaha yang sangat keras...CIAYOO

    ReplyDelete
  5. Aq juga pengobatan ini sdh 8bln kata dokter sampe 9bln.berat itu diawal pengobatan efeksamping obatnya macem2 dan hanti2..tp dijalanin aja lama2 dah mau selesai

    ReplyDelete
  6. Aq juga pengobatan ini sdh 8bln kata dokter sampe 9bln.berat itu diawal pengobatan efeksamping obatnya macem2 dan hanti2..tp dijalanin aja lama2 dah mau selesai

    ReplyDelete
  7. Lima tahun lalu pernah kena tb.kelenjar dan sembuh tapi minggu lalu timbul lagi benjolan diketiak kanan, periksa kedokter bedah tumor krn belum tau benjolan itu apa, di biopsi dan hasilnya tb.kelenjar..bgmn kalau tbnya balik2sep ini ya apa pengobatannya mkn obat lg 9bln..teman2 punya pengalaman sep ini..

    ReplyDelete
  8. Kalo sdh 4 bulan pengobatan tb kelenjar d hentikan beberapa hari bisa d lanjut lagi ga ya pengobatan nya...

    ReplyDelete